Memanjakan Masyarakat Melalui Layanan @wifi.id
MEDIA internet dengan perangkat smartphone (mobile) dinilai akan tetap menjadi platform utama berkomunikasi masa depan. Sebab, smartphone akan beradaptasi sesuai kebutuhan personal pengguna internet.
Pegawai PT Telkom Purwokerto memasang alat @wifi.id/Puji Purwanto |
Beberapa
fasilitas instant messaging, seperti
sosial media menjadikan orang mudah mengakses segala informasi dan menyampaikan
gagasan pribadinya. Bahkan, diakui atau tidak pengguna internet dengan
menggunakan handphone cenderung meningkat. Internet mobile menjadi solusi berharga bagi masyarakat. Mereka dengan
sendirinya membentuk komunitas-komunitas lokal.
Peralihan
gaya hidup masyarakat memanfaatkan layanan teknologi internet nampaknya
ditangkap sebagai peluang oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).
Perusahaan telekomunikasi ini terus meningkatkan layanannya mengikuti
perkembangan teknologi dengan mengoptimalkan pemasangan program layanan
internet berbasis wifi.
Fasilitas
layanan ini tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan komputer jinjing saja,
melainkan memberi kemudahan kepada masyarakat yang memanfaatkan layanan
internet menggunakan handphone.
Perkembangan teknologi ini menjadi semakin maju. Beberapa
tahun lalu, pemanfaatan layanan internet wifi lebih dominan untuk indoor saja,
tapi sekarang sudah merambah ke outdoor.
Saya
sering memanfaatkan layanan internet hotspot dengan membawa notebook ketika hendak nongkrong di
sebuah kafe atau tempat makan. Di Purwokerto, Banyumas hampir semua rumah makan
maupun tempat kongkow lainnya menyediakan fasilitas hotspot untuk menarik minat
konsumennya.
Para
konsumen diberikan keleluasaan untuk mengakses internet yang disediakan
pengelola rumah makan atau kafe. Bagi saya, barangkali juga dialami konsumen
lainnya, memanfaatkan layanan internet di tempat tersebut atas dasar faktor
ekonomis karena dapat diakses segara gratis.
Meski
demikian, memanfaatkan internet di rumah makan ataupun kafe kalau terlalu lama
juga merasa tidak nyaman sendiri. Apalagi kalau kita hanya memesan minuman saja
yang harganya kurang dari sepuluh ribu rupiah.
Di
samping itu, jam operasional di tempat-tempat tersebut terbatas, paling banter
sampai pukul 00.00. Belum lagi kalau penggunanya banyak koneksinya tidak begitu
lancar atau loadingnya terlalu lama.
Kalau
kita memanfaatkan paketan internet yang ada di smartphone juga sayang, sebab
akses internet yang dibutuhkan cukup besar, apalagi terkadang kita suka
mendownload lagu, file dokumen atau hanya sekedar membuka video di situs
www.youtube.com sehinga pulsa paketan internet cepat habis. Akibatnya, akan
menguras isi kantong saku karena kita harus mengeluarkan biasa besar untuk
paketan full service.
Namun,
seiring waktu perusahaan handphone maupun telekomunikasi terus melakukan
inovasi layanan produknya, bahkan menawarkan layanan produknya dengan harga
terjangkau namun memiliki fasilitas internet, tak terkecuali PT Telkom Tbk.
Perusahaan
tersebut ikut mengambil bagian kue pemasaran teknologi informasi. Program
layanan berbasis internet dari pusat terus digalakkan hingga akhirnya dapat
dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di daerah-daerah di Indonesia, seperti
di wilayah tempat tinggal di Kabupaten Banyumas.
Mengoptimalkan
Layanan Berbasis Wifi
Di
Kantor Daerah PT Telkom Purwokerto sendiri terus berupaya mengoptimalkan
pemasangan program layanan internet berbasis wifi. Tahun ini Telkom Purwokerto
menargetkan pemasangan program layanan internet di 504 lokasi dengan jumlah
3.905 titik akses point.
Wifi Speedy Instan |
Pemasangan
layanan tersebut terdiri dari pemasangan Indonesia Digital Campus (Indi Campus)
di 31 lokasi dengan 599 titik akses point, Indonesia Digital Public (Indi
Public) di 396 lokasi dengan 3.075 titik akses point dan Indi Shopper di 77
lokasi dengan 231 titik akses point.
Hingga
saat ini pemasangan layanan internet berbasis teknologi wifi telah mencapai 350
lokasi dengan 830 titik akses pont. Pemasangan ini akan terus berlanjut namun dilakukan
secara bertahap.
Program
layanan internet tersebut meliputi Indi Campus, Indi Public dan Indi Shopper.
Layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat secara umum dalam
mengakses informasi melalui internet. Komitmen pemasangan layanan internet ini
nampaknya telah memanjakan masyarakat.
Dalam tahapan pengembangan pemasangan layanan internet
Indi Public, Telkom Purwokerto telah membangun sinergi dan kerjasama dengan
Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk mewujudkan Banyumas Cyber Regency, serta
pemerintah kabupaten lain di eks Karesidenan Banyumas, seperti Kabupaten
Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap untuk pemasangan @wifi.id di area kantor pemkab serta
ruang publik.
Beberapa
lokasi yang sudah terpasang program Indi Public diantaranya, di Banyumas, sudah
terpasang di Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto, pusat belanja, Alun-alun
Purwokerto, rumah sakit dan kawasan Objek Wisata Baturraden, sedangkan di
Kabupaten Cilacap telah dipasang di masjid kawasan Alun-alun Cilacap dan Pantai
Teluk Penyu.
Pemasangan layanan internet @wifi.id di Purwokerto terus
bertambah seiring dengan banyaknya tempat nongkrong komunitas-komunitas warga
masyarakat, seperti di Jl Jenderal Sudirman, tepatnya di kawasan ruko PJKA
stasiun timur, Jl HR Bunyamin, tepatnya kawasan Unsoed.
Di
beberapa lokasi strategis tersebut rata-rata terpasang empat sampai lima titik
akses piont. Penambahan layanan internet @wifi.id di beberapa titik strategis
lantaran mendapat respon positif dari masyarakat sekitar.
Untuk
memanfaatkan akses layanan @wifi.id menggunakan kartu prabayar sangat mudah.
Alat pembayaran yang ditawarkan ada lima jenis, salah satunya memakai kartu
SpinCard (SSID : @wifi.id pilih Speedy
Instan SPIN). Kartu untuk umum ini dihargai Rp 5000 dan dapat mengakses
internet selama 24 jam.
Kartu Prabayar Speedy Instan (Speedy Instan Card) seperti
yang dikutip laman http://telkomspeedy.com/speedy-instan
adalah merupakan kartu perdana yang berisi user name dan password yang bisa
digunakan untuk login akses internet broadband di Speedy Instan, Speedy Hotspot
maupun Indinesia Wifi (@wifi.id)
Speedy Instan Card |
Setelah login, terdapat dua pilihan yakni ya atau tidak.
Jika pilih tidak, maka akan langsung browsing. Tetapi, jika pilih ya, maka isi
nama email, buat password baru dan nomor telpon HP/flexi.
Bagi pelanggan lain yang tidak mau repot untuk membeli
SpinCard dapat melakukan transaksi melalui SMS ke 8108 (potong pulsa 5000 bagi
pelanggan Telkomsel atau Flexi).
Cara mengirim pesannya sangat mudah hanya Net 5000 kirim
ke 8108. Setelah itu pelanggan akan mendapat SMS balasan username dan password
yang akan digunakan. Sedangkan untuk isi ulang kirim SMS : ADD 5000 (nama
username) kirim 8108, serta untuk melihat status kirim SMS : Net info kirim
8108.
Kecepatan
Up To 10 Mbps
Saking mudahnya alat pembayaran yang ditawarkan kepada
masyarakat untuk mengakses @wifi.id, membuat saya kecanduan menggunakan kartu
tersebut. Saya dapat nongkrong sambil mengakses internet tanpa batas karena
kartu ini tidak terpaut dengan kapasitas bandwidth, namun waktu yang
diberlakukan yakni 24 jam dengan kecepatan up
to 10 Mbps.
Saya kegirangan sewaktu membuka tayangan ulang
pertandingan sepakbola liga Inggris disitus www.youtube.com. Bagaimana tidak,
tayangan pada situs tersebut dapat dinikmati tanpa buffering alias lancar.
Koneksinya sangat cepat. Saya juga bebas mendownload apa saja yang dibutuhkan
untuk menambah wawasan maupun bahan untuk mendukung pekerjaan.
Biasanya saya memanfaatkan akses internet @wifi.id di
Alun-alun dan Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto, sambil melepas penat
setelah kerja. Saya dapat internetan sepuasnya. Pokoknya top banget deh. Ini
bagaikan dunia dalam genggaman kita ketika sedang mengakses internet.
Warga menikmati layanan @wifi.id di Alun-alun Purwokerto |
Saya juga memiliki tiga SpinCard yang masih utuh untuk
simpanan, barangkali ingin mengakses internet di tempat lain yang memiliki
layanan @wifi.id tinggal memasukkan username dan password saja, beres deh.
Meski demikian, alat pembayaran ini belum dijual secara
merata. Penjualan SpinCard hanya ada di outlet yang ditunjuk Telkom dan kantor
Telkom Purwokerto. Dengan demikian, Kantor Daerah Telkom Purwokerto perlu
menyediakan SpinCard di lokasi-lokasi yang telah dipasang @wifi.id atau gerai
ponsel. Dengan begitu, pemanfaatannya bakal semakin optimal dan masyarakat
semakin akrab dengan layanan yang diberikan PT Telkom.
Apalagi
bentuk layanan di atas sejalan dengan program yang telah dijalankan Telkom,
yakni perwujudan Indonesia Digital Society (Indiso). Program ini merupakan
salah satu inisiatif untuk mengisi program mahakarya Telkom yakni Indinesia
Digital Network (IDN).
IDN mengemban visi pengembangan infrastruktur broadband
Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang
akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakti ID Acces, ID
Ring dan ID Convergence. Pembangunan ketiga infrastruktur utama Telkom itu
didasari oleh pemikiran bahwa setiap lapisan masyrakat Indonesia berhak
mengakses informasi yang sama. (*)
Komentar
Posting Komentar