JNE Meningkatkan Kepercayaan antara Penjual dan Pembeli Online

TIDAK terasa sudah empat tahun terakhir, saya bersama isteri menjalani bisnis online dengan menjual berbagai produk fesyen beserta aksesorisnya. Keberadaan bisnis online memang tidak dapat terpisahkan oleh peran perusahaan jasa logistik. Pasalnya, dengan luasnya pemasaran di pasar domestik, pelaku usaha tetap membutuhkan jasa logistik untuk membantu dalam proses pengiriman barang sampai ke konsumen. 
JNE Express


Perusahaan jasa logistik ini dapat mengakselerasi perkembangan bisnis online yang kini semakin berkembang pesat di masyarakat, karena kalau tidak ada jasa pengiriman barang tentu barang yang dipesan tidak dapat sampai ke tangan konsumen. 

Selama menjalani bisnis online, tidak sedikit cerita pengalaman menggunakan jasa logistis, khususnya JNE Express. Pengalaman yang dirasakan lebih pada perkembangan inovasi layanan yang terus dilakukan dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya. 

Kemudahan kali pertama yang saya rasakan adalah di website perusahaan itu memberikan informasi harga pengiriman per satuan kilogram sesuai dengan pilihan layanan pengiriman yang diinginkan, seperti layanan ongkos kirim ekonomis (OKE), regular (Reg) dan yakin esok sampai (YES).

Kemudahan layanan pengiriman barang dari JNE Express semakin nyaman karena memberikan akses pengecekan paket kiriman barang dengan mudah sehingga si pengirim atau penerima paket dapat mengetahui posisi barang yang dikirim, apakah barang sudah sampai atau masih dalam perjalanan.

Kemudahan ini pula memacu pelaku ekonomi kreatif di berbagai daerah di tanah air, termasuk di Kabupaten Banyumas. Sebab, kecenderungan volume pengiriman barang saat ini didominasi dari pelaku bisnis online.

pengiriman barang JNE ExpressDi JNE Cabang Purwokerto, tercatat dari pengiriman sekitar 1,5 ton setiap hari pada kondisi normal, hampir 50 persen merupakan pengiriman barang dari pelaku usaha online.  Tingginya pengiriman barang dari pelaku bisnis online, diapresiasi oleh JNE Cabang Purwokerto salah satunya dengan memberikan potongan tarif sebesar 5 persen untuk setiap pengiriman 10 paket dalam sehari, serta melakukan layanan sistem jemput bola secara gratis. 

Sementara itu, secara nasional, jumlah transaksi pengiriman JNE Express juga meningkat sebesar 30 persen secara konsisten setiap tahunnya, mulai tahun 2010, seiring dengan perkembangan e-commerce di era digital. Sampai dengan akhir tahun ini, kapasitas pengiriman JNE telah mencapai 16 juta paket setiap bulan dan diprediksi akan meningkat sekitar 30 persen sampai 40 persen di tahun depan.


Inovasi Layanan JNE

Perusahaan yang tahun ini genap berusia 26 tahun itu terus berkomitmen untuk memberikan kualitas pelayanan prima dengan tagline "Connecting Happiness" untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian beragam. 

pengiriman pesan JNE ExpressAdapun inovasi layanan yang dilakukan dengan menambah sumber daya manusia, kemudian peningkatan infrastruktur dan perluasan jaringan. Saat ini JNE memiliki lebih dari 6000 jaringan di seluruh nusantara. Selain itu, di tahun ini pula JNE membangun dan mengoperasikan gedung baru di beberapa kota seperti Medan, Batam, Bandung, Semarang, Wangon (Kabupaten Banyumas), serta Surabaya, yang  berfungsi sebagai kantor sekaligus titik layanan maupun gateway.

Sementara itu, pada saat merayakan hari jadinya dengan tema "Menginspirasi Negeri", JNE mengadakan program Hari Bebas Ongkos Kirim (Harbokir) atau Free  Ongkir/gratis biaya kirim untuk seluruh pelanggan, baik retail customer  maupun  corporate customer.

Program ini berlaku untuk semua produk layanan (YES, Reguler dan OKE) pada 26  dan 27 November 2016, bagi pelanggan yang melakukan pengiriman intra wilayah Jabodetabek (dari dan tujuan paket Jabodetabek) serta  intracity/dalam kota (dari dan tujuan paket di kota yang sama) di seluruh Indonesia dengan berat paket maksimum 2 kilogram.

Layanan-layanan yang terus berkembang ini memberi pengalaman terbaik bagi saya selaku pelanggan JNE Express. Bahkan, pengalaman yang saya rasakan adalah tidak lagi memantau traking untuk mengetahui posisi barang yang dikirim, sebab JNE secara otomatis mengirimkan pesan singkat kepada calon penerima paket dari mulai barang dalam perjalanan sampai dengan barang sudah sampai tujuan.
paket JNE Express


Tentu inovasi layanan ini secara langsung telah meningkatkan kepercayaan bagi saya sebagai pelaku bisnis online dengan konsumennya. Konsumen juga tidak merasa khawatir kena tipu dari pelaku bisnis online, karena operator JNE Express selalu menginformasikan posisi barang yang dikirim.

Saya harap industri kreatif seperti yang dilakukan JNE Express ini terus menciptakan kreativitas-kreativitas baru yang tidak terfikirkan sebelumnya baik mengadakan yang belum pernah ada maupun meningkatkan nilai dari yang sudah pernah ada.

Seperti yang disampaikan Presiden Direktur JNE, M. Feriadi, bahwa di hari jadinya yang ke-26 tahun dengan tema "Menginspirasi Negeri", JNE berkeinginan kuat untuk lebih memberikan inspirasi bagi bangsa, dengan setiap langkah JNE yang bertujuan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi karyawan, pelanggan retail maupun corporate, mitra, UKM dan masyarakat luas. Harapannya agar JNE turut berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara. (***)



http://www.pungkyprayitno.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup di Purwokerto Makin Tinggi (2)

Kemudahan Akses Informasi Mendorong Ekonomi Nasional

Galeri Kemeriahan Memperingati HUT RI ke - 70